Fakta Unik

Kalau  kita  berbicara  tentang  hewan  tercepat  di muka Bumi, maka seringkali kita mengaitkannya dengan cheetah, spesies kucing besar yang hidup di dataran Afrika. Diduga kecepatan kucing ini berkisar pada angka 70 mph (114 km/jam). Namun, tahukah kamu bahwa hewan tercepat sebenarnya dipegang oleh seekor burung yang bernama The Peregrine Falcon (Falco peregrinus) dengan kecepatan yang pernah tercatat adalah 390 km/jam (242.3 mph)! Bandingkan dengan kecepatan tertinggi yang pernah dicapai oleh mobil balap F1 yang hanya berkisar pada angka 370 km/jam (229mph)! Hewan yang memiliki populasi tersebar di seluruh benua kecuali Antartika ini mulai terancam punah akibat rusaknya habitat tempat mereka tinggal oleh aktivitas manusia.

Tahu ikan layar (sailfish)? Ikan yang menjadi favorit para pemancing profesional ini ternyata masih menjadi misteri bagi para ahli bidang biologi  kelautan. Hal  ini  disebabkan karena pergerakan ikan yang enak dagingnya itu sangat  cepat  dan  tingkat  perpindahannya (migrasi) sangat tinggi. Selain itu,  ikan yang memiliki nama Latin Istiophorus albicans (untuk yang berada di Samudra Pasifik) dan Istiophorus platypterus (untuk yang bermukim di Samudra Atlantik) ini tersebar ratusan mil dari pantai. Sehingga sangat sulit bagi para ahli untuk mencari lokasi pasti mereka, melakukan proses tagging (penomeran),serta pengumpulan data. Namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa ikan ini memang benar-benar ‘cepat’. Percaya tidak, 36 jam setelah bertelur, telur-telur tersebut langsung menetas!

Let’s  talk  about  a  strongest  animal  in  the  world.  Berbicara tentang hewan  terkuat, sering  kali  kita  menganggap bahwa hewan terkuat adalah gajah. Namun, tahukah kamu, bahwa gajah Afrika hanya mampu mengangkat beban  dengan  proporsi  25%  dari  total berat    badannya?    Coba    bandingkan dengan  seekor  kumbang  badak  (The rhinoceros   beetle)   mampu   membawa beban sebanyak 850 kali dari total berat badannya! Dengan kata lain, secara proporsi berat badan, gajah masih kalah dengan manusia yang mampu mengangkat beban hingga 10 kali berat badannya, bahkan lebih.

Burung  Unta  (Ostrich)  bukan  sembarang burung.  Tinggi  badannya  dapat  mencapai 2,5 meter dengan berat 180 kg. Selain besar, Burung Unta juga memiliki daya tahan yang luar biasa. Burung ini bisa bertahan hidup pada suhu di atas 40 derajat Celcius hingga suhu   0   derajat   Celcius.   Umurnya   juga terbilang panjang, bisa mencapai usia sekitar 50 tahun. Walau begitu, sekalipun Burung Unta sedemikian besar, pengeluaran untuk  biaya  makan  Burung  Unta  hanya  mencapai  kira-kira US$ 75 setahun. Kesulitan umum satu-satunya dalam memelihara Burung Unta adalah masalah kandang. Diperlukan lahan yang cukup luas, dan berpagar. Masalahnya, sekali seekor Burung Unta lari keluar dari pagar, kamu perlu sebuah mobil untuk mengejar dan menangkapnya, karena Burung Unta dapat berlari hingga kecepatan 50 km/jam!

Menurut para ilmuwan, hewan yang memiliki suara paling keras adalah ikan paus biru (Balaenoptera Musculus), yang juga menyandang gelar sebagai hewan terbesar di bumi. Suara ikan paus biru lebih keras daripada suara motor Harley    Davidson.    Bahkan    lebih    keras daripada suara konser rock yang paling keras.

Mau  tahu  hewan  bertulang belakang (vertebrata) terkecil  di dunia?  Sejenis  ikan  kerdil  yang  disebut  stoutinfantfish ditetapkan sebagai hewan bertulang belakang paling mungil dan paling ringan sedunia. Ikan yang hidup di sekitar perairan Great Barrier Reef, Australia, ini panjangnya hanya 7 milimeter! Sebenarnya, ikan dari Australia itu memiliki saingan, yaitu  sejenis  ikan  yang  memiliki  nama  latin  paedocypris progenetica yang  ditemukan di  rawa-rawa gambut  di  Pulau Sumatera. Hewan tersebut memiliki panjang sekitar 7,9 milimeter.

Tahukah Anda bunga dengan ukuran terbesar di dunia? Kalau Anda   menjawab   Rafflesia   arnoldii, maka jawaban Anda tidak salah. Tanaman ini memang bisa tumbuh dengan lebar hingga semeter dan berat bisa  mencapai  11   kg.   Tanaman  ini hanya muncul di  hutan Sumatera dan Kalimantan. Tapi, tahukah Anda bahwa Amorphophallus titanum atau dikenal

dengan nama The Titan Arum bisa mencapai tinggi semeter dengan tinggi hingga 3 meter, serta mampu mencapai berat 80 kg atau sekitar 170 pound! Kalau mau tahu bentuk bunga itu, lihatlah pada uang kertas 500 rupiah jaman dulu, yup itulah bunga bangkai yang pernah ditemukan di pedalaman Sumatera.

Kalau ada bunga terbesar di dunia, pasti ada bunga dengan ukuran  paling  kecil  di  dunia.  Pemegang  rekor bunga terkecil di dunia jatuh pada tumbuhan pada jenis genus Wolffia, sejenis tanaman tanpa akar yang sangat kecil pada jenis keluarga duckweed (Lemnaceae) yang hidup di aliran air yang tenang dan kolam. Tumbuhan ini juga dianggap sebagaitumbuhan   dengan   ukuran   terkecil   di   dunia.

Terdapat  dua  spesies  pada  genus  Wolffia,  yaitu  Wolffia augusta, spesies Australia, dan Wolffia globosa, spesies tropis. Rata-rata jenis tanaman ini hanya memiliki ukuran tidak lebih dari 1 mm, dengan berat average hanya 150 mikrogram!

Hampir semua tumbuhan berasal dari benih (seed). Tahukah Anda, bahwa benih  yang  memiliki ukuran paling besar dan berat di dunia adalah Coco-de-Mer Palm (Lodoicea maldivica) yang  berasal dari Kepulauan Seychelles di Samudra  Hindia.  Panjangnya bisa mencapai  12  inchi  dengan  berat bisa  mencapai  40  pound. Sedangkan   benih   yang   memiliki ukuran paling kecil di dunia adalah yang berasal dari keluarga anggrek (Orchidaceae). Satu benih beratnya hanya mencapai 1/35.000.000 ounce!

Dulu sebelumnya, pohon dengan rekor paling tinggi di dunia jatuh pada pohon di Taman Nasional Redwood yang dinamai Stratosphere Giant. Tingginya mencapai 113 meter. Namun diduga rekor itu telah dipatahkan oleh penemuan tiga pohon di Taman Nasional yang sama. Diduga, tinggi pohon yang dinamakan Hyperion itu bisa mencapai 115,2 meter. Sampai saat ini masih menunggu konfirmasi untuk menetapkan Hyperion menjadi pohon tertinggi di dunia.

Mau tahu organisme apa yang paling besar di muka bumi ini? Gajah? Bukan. Paus Biru? Juga bukan. Jawabannya     adalah     sejenis     jamur (Fungus) yang bernama armillaria ostoyae atau jamur madu yang dihidup di Hutan Nasional Malheur di daerah timur Oregon, USA. Jamur itu hidup kira-kira 3  kaki di bawah permukaan tanah dan memiliki luas sekitar 890 hektar dan berusia sedikitnya  2400  tahun,  bahkan  lebih!  Percaya  atau  tidak, organisme yang hidup di bawah tanah itu ternyata bukan gerombolan jamur, tapi hanya satu jamur saja!

Mau tahu jenis tanaman apa yang sejak jaman dinosaurus hingga sekarang tetap masih ada? Jawabannya   adalah   pohon   maidenhair   atau dikenal dengan nama spesies Ginkgo atau Ginkgo Biloba. Jenis tanaman itu telah ada pada periode Jurrasic dan periode Triassic (135-210 juta tahun yang lalu)!

Danau Laut Mati yang membujur di daerah antara  Israel  dan  Yordania  memiliki sejumlah keunikan yang patut diperhatikan. Danau Laut Mati merupakan tempat terendah di dunia dengan ketinggian 417,5 meter di bawah permukaan laut! Selain itu, Danau Laut Mati memiliki kadar keasinan air  mencapai 33%.  Maka  tak  heran  banyak wisatawan dari seluruh  dunia  datang  untuk  mengapung di  laut  itu.  Karena kadar keasinannya itu, hampir tidak mungkin makhluk hidup bertahan di dalam Danau Laut Mati. Namun begitu, sejumlah jenis bakteri tertentu masih mampu bertahan di danau tersebut. Sekedar informasi, lumpur Danau Laut Mati sangat berkhasiat mengobati berbagai macam penyakit kulit.

Benua   Antartika   adalah   benua   yang   memiliki   sejumlah keunikan yang luar biasa untuk pelajari. Benua ini sebenarnya telah diselimuti es selama 35 juta tahun. Meski diselimuti es, benua dingin ini memiliki sejumlah gunung berapi, namun tidak satupun yang aktif. Benua Antartika memilik sejumlah puncak yang cukup

tinggi, dengan Puncak tertinggi adalah Vinson Massif dengan ketinggian 4.897  meter.  Meskipun manusia telah  mendekati benua itu sejak 1820, namun baru 1990-an penjelajahan di daratan beku itu dimulai. Kehidupan yang sangat keras di sana ternyata telah merenggut nyawa 200 lebih ilmuwan dan peneliti selama 45 tahun terakhir!

Hutan  adalah  penyangga  ekosistem  yang  paling vital di bumi. Apabila hutan mengalami kerusakan, maka  lambat  laun  bumi  akan  mengalami pemanasan  global  karena  naiknya  kadar  CO2 selain terjadi ketidakseimbangan ekosistem. Selain Indonesia, negara  yang  memiliki  hutan  perawan, bahkan yang terluas di dunia adalah Rusia. Diperkirakan Rusia memiliki 289 juta hektar hutan perawan, di mana separuhnya terletak di lima wilayah Siberia dan daerah timur. Karena tekanan ekonomi di Rusia serta besarnya perputaran uang dibisnis hutan yang mencapai US$ 3 milyar, kerusakan hutan perawan menjadi tidak terelakkan. Sama halnya di Indonesia, Illegal Logging pun marak terjadi. Apabila tidak ditanggulangi, beberapa tahu lagi hutan di sana akan habis dan mengancam ekosistem dunia.

Tahukah kamu, bahwa tempat terbasah di dunia (the wettest place   in   the   world)   ternyata   sangat   kontradiksi   dengan sebutannya.  Cherrapunji,  yang  terletak  1.290  m  di  atas permukaan laut menerima curah hujan rata- rata  per  tahun  sebesar  1.270  cm.  Curah hujan yang tinggi tersebut tidak serta merta membuat    daerah    itu    memiliki    banyakpersediaan air. Apabila tidak sedang musim hujan (atau kerap disebut monsoon seasonkarena pada saat itu intensitas hujan yang tinggi diakibatkan oleh angin yang disebut monsoon yang membawa butir-butir air yang sangat banyak), maka Cherrapunji menjadi daerah yang sangat kekurangan air. Hal itu disebabkan kerusakan hutan di areal itu, sehingga air yang datang tidak bisa diikat di dalam tanah.

Suhu  terpanas  di  bumi  yang  pernah  tercatat  adalah  suatu wilayah di El Azizia, Sahara pada tanggal 13 September 1922 berada  pada  57.8°C  (136°F).  Angka  tersebut  dicatat  oleh stasiun meteorologi setempat. Suhu tertinggi sebelumnya yaitu pada 56.7 °C (134 °F) berada di Death Valley, California pada tanggal  10  Juli  1913. Dari 6 Juli sampai dengan    17     Agustus 1917 selama 43 hari berturut-turut suhu di Death Valley berada di atas   48°C   (120°   F). Meskipun   begitu, tempat di bumi yang paling     kering     justru berada di  gurun  pasir Atacama yang justru memiliki kandungan air cukup banyak, dimana  hanya  menerima  curah  hujan  rata-rata  per  tahun sebesar 0.01 cm. Beberapa lokasi di gurun Atacama malah tidak pernah turun hujan selama 400 tahun! Namun sejumlah fakta baru mengatakan bahwa tempat paling kering di dunia justru berada di benua Antartika, dimana terakhir kali benua ini menerima curah hujan adalah beberapa juta tahun yang lalu!

Tentu Anda semua kenal dengan Kubilai Khan. Yup, kaisar Mongol yang sangat kejam dan ekspansif ini  ternyata  memiliki  sisi  toleransi  yang sangat tinggi. Percaya tidak, Kubilai Khan adalah tokoh pemimpin dunia pertama yang menyatakan bahwa hari-hari besar agama  Buddha,  Kristen,  Yahudi,  dan Islam dijadikan sebagai hari libur resmi kenegaraan. Asal tahu saja, Kubilai Khan adalah cucu dari Genghis Khan yang sangat   legendaris   itu   yang   memiliki kekuasaan  yang  merentang  dari  perbatasan  Eropa,  Timur Tengah, hingga hampir seluruh Asia Timur pada abad ke-13. Dengan kata lain, hari libur resmi kenegaraan pada tiap hari besar agama di dunia memang memungkinkan untuk dilakukan oleh Kubilai Khan karena luasnya wilayah kekuasaannya.

Galileo   Galilei   memang   manusia   yang kurang beruntung selama hidupnya. Bahkan setelah mati sekalipun, Galileo tetap mengalami kesulitan. Setelah pandangan- pandangan ilmiahnya soal tata surya membuat dirinya berurusan dengan pihak gereja, kematiannya pun dirundung masalah. Saat  kematiannya  pada  tahun  1642, jasadnya tidak langsung dikubur, tapi tetap disimpan  hingga  tahun  1737,  kira-kira  hampir  seabad.  Tak cukup hanya itu, sebelum dikubur di Gereja Santa Croce, Florence, Italia, seorang bangsawan tega memotong tiga jari Galileo sebagai “kenang-kenangan”. Dua dari jari itu kemudian dimiliki oleh seorang dokter Italia, dan jari ketiga-sepotong jari tengah-saat ini berada di Museum Sejarah Ilmu Pengetahuan di Florence, Italia, dipajang menunjuk ke langit di atas tiang marmer.

Siapakah dia? Tahun 1831 dia mengalami kebangkrutan dalam usahanya. Tahun 1832 dia menderita kekalahan dalam pemilihan  tingkat  lokal.  Tahun  1833  dia  kembali  bangkrut (kasian banget ya..). Tahun 1835 istrinya meninggal  dunia.  Tahun  1836  dia menderita tekanan mental yang sangat berat dan hampir saja masuk rumah sakit jiwa. Tahun 1837, dia kalah dalam suatu kontes pidato. Tahun 1840, ia gagal dalam pemilihan anggota senat AS. Tahun 1842, dia  menderita kekalahan untuk  duduk  di dalam kongres AS. Tahun 1848 ia kalah lagi di kongres. Tahun 1855, lagi-lagi gagal di   senat.   Tahun   1856   ia   kalah   dalam   pemilihan   untuk menduduki kursi wakil presiden. Tahun 1858 ia kalah lagi di senat. Tahun 1860 akhirnya dia menjadi presiden Amerika Serikat.  Siapakah  dia?  Dialah  Abraham  Lincoln.  Intinya adalah jangan pernah menyerah dengan berbagai kegagalan yang pernah dialami, bahkan seberat apapun cobaan itu. Coba dan coba lagi!

Kalau ada yang mengatakan bahwa seorang yang bergelut di bidang seni memiliki perasaan yang halus, maka cobalah baca fakta berikut ini. Johannes Brahms (1833-1897), komposer besar Jerman, adalah salah seorang yang sangat membenci binatang. Di kala santai atau sedang mencari inspirasi, komposer ini sering pergi ke loteng rumahnya dan mempersiapkan busur dan anak panah. Di  sana hampir tiap  waktu ia  memanah kucing-kucing milik tetangganya. Kebiasaan buruk ini terus dilakukannya hingga sepanjang hidupnya!

Napoleon Bonaparte, saat berperang di Timur Tengah tahun 1799 bermaksud melepaskan 1200 tentara Turki yang berhasil ditawan    Perancis,    ketika    Perancis berhasil merebut Jaffa. Saat itu Napoleon sedang  terserang influenza. Saat menginspeksi pasukan, Napoleon terserang batuk berat hingga ia mengatakan “Ma sacre toux” (Batuk sialan). Perwira pendamping Napoleon merasa sang jenderal mengatakan “Massacrez Tous” (Bunuh semua). Akibatnya, seluruh 1200 orang tawanan Turki itu dibunuh. Hanya karena batuk sang jenderal dan kuping perwira yang error!

Di  masa jayanya, Wilhelm  Steinitz adalah salah satu   pemain  catur  paling  cemerlang  di   dunia. Namun saat semakin tua, ia secara perlahan-lahan dijangkiti  kegilaan,  dan  sering  merasa  bahwa  ia dapat  menelepon seseorang tanpa  menggunakan telepon, ataupun bermain catur  tanpa menyentuh bidak.  Puncak  kegilaannya  terjadi  saat  Steinitz mengumumkan  kepada  masyarakat  luas  bahwa  ia  hendak menantang Tuhan untuk bermain catur. Lebih parah lagi, ia menawarkan fur satu bidak dalam pertandingan ini!

Kota  dengan  jumlah  penduduk  terbanyak  di dunia adalah kota Tokyo yang diperkirakan memiliki jumlah penduduk sebanyak lebih dari 33 juta jiwa. Sedangkan New York dan Sao Paulo  menduduki  urutan  kedua  dan  ketiga dengan jumlah penduduk masing-masing mencapai 17 juta.

Sedangkan kota dengan wilayah terluas jatuh pada kota Mount Isa yang terletak di barad laut Queensland, Australia. Luasnya mencapai   hampir   41 ribu kilometer persegi dengan  memiliki  jalan raya kota sepanjang 189 km yang merupakan jalan raya kota terpanjang di dunia.

Tahukah Anda kota terkecil di dunia, baik dalam hal ukuran kota maupun jumlah penduduk? Itulah kota Hum yang terletak di Kroasia dengan jumlah penduduk hanya 23 orang. Kota tua ini didirikan pada tahun 1102 yang sebelumnya bernama Cholm, yang masih memiliki arsitektur gedung pada jaman abad pertengahan.

Percaya tidak, bahwa kota tertua dan kota termuda di dunia berada di area wilayah yang sama? Buktinya adalah kota tertua di dunia adalah kota Jericho (di Arab disebut Ariha) yang diperkirakan berusia lebih dari 10 ribu tahun. Sedangkan kota termuda di dunia jatuh pada kota Tel Aviv, yang berusia sekitar 80 tahun. Dan dua kota itu berada dalam wilayah timur tengah yang terus menerus bergolak. Selain sebagai kota tertua di dunia, Jericho juga dianggap sebagai kota dengan daratan paling rendah di dunia. Kota tersebut berada 260 meter (853 kaki) di bawah permukaan laut!   Sedangkan   kota   yang   berada   di daratan tertinggi dipegang oleh kota Potosi di Bolivia, yang memiliki ketinggian sekitar 4100 meter (13.500 kaki) di atas permukaan laut!  Kota  ini  juga  ditetapkan  UNESCO sebagai warisan dunia yang harus dilindungi.

Hong Kong adalah kota dengan julukan kota ‘terjangkung’ di dunia, karena memiliki sekitar lebih dari 7.500 gedung pencakar langit, lebih banyak dari  gedung ‘penggaruk langit’ yang dimiliki kota New York.

Tahukah Anda, bahwa kota pertama yang jumlah penduduknya 1 juta orang adalah Roma, Italia, pada 133 SM? Jumlah penduduk di London, Inggris mencapai 1 juta pada 1810, dan New York City, New York. di AS mencapainya pada 1875. Kini ada lebih dari 300 kota di dunia dengan penduduk lebih dari 1 juta orang. (Yulius Haflan-Kumpulan Fakta Unik-Ebook)

1 Komentar (+add yours?)

  1. SaniAgung
    Mei 24, 2011 @ 12:58:42

    tulisan kamu kok bagus-bagus sih ? jadi *ngiri*

    link back ya ?😉 http://terlampau.wordpress.com

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: